;
Mungkin bagi sobat ada masih bingung dengan ide usaha apa yang akan dijalankan. Umumnya kita berfikir bahwa mulai usaha harus dengan modal yang besar, dan harus usaha apa. Belum juga kita memulainya malah takut duluan karena tak ada modal. Mungkin tulis saya kali ini dapat membantu memecahkan masalah tersebut, salah satunya adalah bagaimana  jika kita berfikir dengan membuka USAHA CETAK PHOTO SKALA RUMAHAN

Yang saya maksud dengan usaha percetakan skala rumahan adalah usaha cetak photo, karena usaha ini cenderung hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Bisa sobat perhatikan sekarang ini, bukan saja orang dewasa yang membawa hp terutama hp pintar, tapi juga remaja dan anak - anak saat ini telah mempunya hp pintar tersebut. Pangsa pasar kita adalah remaja dan anak - anak, umumnya dari mereka senang mengabadikan photo  unyu - unyu mereka :D.



Untuk usaha ini sobat hanya memerlukan beberapa perlengkapan sebagai berikut :

  1. Satu unit komputer (PC/Laptop) tapi saya sarankan lebih baik menggunakan PC, karena biaya perawatannya tidak terlalu mahal. Harga PC untuk speck dual core sekitar Rp. 2.000.000,-
  2. Satu buah printer, saya pun menekuni usaha cetak  photo kebetulan saya menggunakan printer epson seri L, kisaran harga Rp. 2.000.000,- ( saya sangat menyarankan sobat untuk menggunakan printer merk tersebut, harga mahal dikit tapi hasil cetak bagus)
  3. Kamera, bisa menggunakan pocket bahkan kamera hp asalkan kamera hp tersebut berukuran lebih dari 5 megapixel. Alat ini untuk mengambil gambar/photo orang yang ingin cetak photo
  4. Kain/background, standarnya hanya ada dua warna yaitu warna merah dan warna biru, saya pakai dua warna, harga permeter hanya Rp. 10.000,-
  5. Software photo, adalah software  untuk mempermudah kita dalam membuat berbagai macam ukuran pas photo. Software banyak yang gratisan tinggal download saja, kalau ingin yang lebih bagus memang harus beli, tapi untuk pemula pakai gratisan pun tak mengapa
  6. Sedikit menguasai Adobe photoshop, tidak perlu mahir dalam menggunakan photoshop, cukup bisa saja (tapi yang baik tentunya keahlian harus ditingkatkan terus ) :D. Photshop membantu kita dalah hal croping, ganti background dan lain - lain
  7. Banner, berfungi untuk mengiklankan jasa kita kepada masyarakat
  8. Ketekunan dan keuletan serta kerja keras disertai doa


Saya rasa total modal yang diperlukan sekitar 5 juta saja (dengan asumsi bahwa kita menggunakan rumah tinggal sebagai tempat usaha). Saya jadi teringat ucapan Bob Sadino : Usaha yang bagus itu bukan yang selalu ditanyakan, tapi usaha yang DIBUKA

Mohon maaf tulisannya mungkin sedikit membingungkan :D :D

Bagi yang ingin bertanya tentang usaha sepertini ini bisa kontak saya Pin BB : 28579C9B
Atau isi kolom komentar di bawah ini




TERIMA KASIH SOBAT SUDAH MAMPIR KE BLOG SAYA

JNX - 12.28

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Sobat sangat berarti,,,