;

Bahan - bahan yang harus / wajib dipersiapkan (namun beberapa alat bisa saja diganti dengan alat lain)  :
1.      Kertas/plastik PVC (kebetulan saya menggunakan kertas pvc merk CORAL "tidak sedang iklan ya :D  ), harganya sekitar Rp. 28.000 - Rp. 35.000 / pack isi 5 lembar pvc tebal dan 10 pelapis/atau media yang dapat diprint    


2.     Printer, bisa printer inkjet biasa ataupun printer khusus untuk idcard namun printer khusus harganya cukup mahal dibanding dengan printer inkjet (disini saya menggunakan printer inkjet epson L120, harganya cukup murah sekitar Rp. 2.000.000

3.     Mesin laminating, mesin laminating ada bermacam - macam ukuran, ada ukuran A3 dan ada juga mesin laminating yang khusus untuk idcard, mesin laminatingnya lebih kecil/hampir sesuai dengan ukuran idcard/gantungan kunci yang akan kita buat, harga mesin laminating seperti gambar ini sekitar Rp. 900.000,-

4.     Alat plong/pemotong idcard (walaupun yang  kita bicarakan adalah membuat gantungan kunci namun alat yang digunakan sama dengan alat membuat idcard, ga usah heran :D )--- harga alat plong sekitar Rp. 500.000,-


Proses pembuatan :
1.     Design sedemikian rupa gantungan kunci yang akan kita buat menggunakan program pengolah grafis (saya menggunakan coreldraw x4)
2.     Buat ukuran pola sekitar 54 mm x 86 mm (ukuran yang saya buat) dan diset mirror (tutorial tentang design akan saya tulis berikutnya)
3.     Ambil kertas pvc yang tipisnya (hati-hati jangan sampai terbalik pada saat print/baca petunjuknya dengan benar, sisi yang dapat diprint adalah sisi yang licin/glossy)
4.      Setelah diprint, ambil kertas pvc yang tebal lalu rekatkan dengan hasil print tadi (pada kertas pvc yang tebal ada plastik pelindung yang tipis, plastik tersebut harus dibuang, setelah dibuang jangan sentuh permukaannya, permukaan tersebut mengandung lem)
5.     Rekatkan  kedua media (pvc tipis ke pvc yang tebal)
6.     Lalu siap dipotong menggunakan alat plong/pemotong idcard/gantungan kunci
7.     Rekatkan hasil potongan tadi  menggunakan mesin laminating, set panas tidak lebih dari 150 derajat celcius (pengalaman saya)
8.     Lubangi salah satu ujungnya bisa menggunakan pelubang khusus, bisa juga menggunakan perforator/alat pelubang kertas biasa (versi saya versi hemat heee :D )
9.     Masukkan rantai gantungan kuncinya dan jadi dehhhh :D


Sobat semua, jangan  menyerah dulu karena dengar peralatannya terdengar mahal, kita bisa menabung dulu bukan??? :D  -- ingat yang kita bicarakan adalah investasi masa depan  -- -cieeeh.... tapi bener juga kan ??

Kalau sobat (khususnya yang ada di sekitar tempat tinggal saya belum punya alat pembuatnya, bisa datang langsung ke tempat 
saya ya.. 


    




TERIMA KASIH SOBAT SUDAH MAMPIR KE BLOG SAYA

JNX - 13.50

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Sobat sangat berarti,,,